SURAT PENGGEMBALAAN

SURAT PENGGEMBALAAN

SURAT PENGGEMBALAAN

PEMILHAN   MAJELIS JEMAAT,  KOMISI PELAYANAN KHUSUS DAN PENGURUS PERSEKUTUAN/RAYON BIPRA PERIODE PELAYANAN TAHUN  2020   s.d.   2025

Salam Persekutuan  Dalam Kasih  Yesus Kristus,

Bagi Tuhanlah kemuliaan sejak dahulu, kini dan sampai selamanya!

Kita bersukacita karena Tuhan yang kita imani dan layani, telah menuntun pelayanan dan kepemimpinan gerejaNya melintasi waktu,  sampai di ujung periode pelayanan tahun  2015 s.d. 2020.  Kini  kita memasuki tahap demi tahap   pemilihan Majelis Jemaat,  Komisi Pelayanan Khusus dan Pengurus Persekutuan/Rayon BIPRA Periode Pelayanan Tahun  2020   s.d.   2025  sebagaimana amanat Tata Gereja yang menjadi landasan yuridis dan operasional GMIBM di semua aras pelayanan.

Periodisasi pelayanan   bertujuan supaya pada kurun waktu tertentu (5 tahunan) terjadi penyegaran pengakuan,    pembaruan perjanjian  dan   pembaruan komitmen    sekaligus menjawab  kebutuhan organisasi yaitu adanya  kontinuitas dan kaderisasi,  agar selalu tersedia sumber daya warga jemaat  untuk melayani pekerjaan Tuhan, yang dipercayakanNya kepada  GMIBM. Selanjutnya,  untuk menghadirkan pelayan dan pemimpin jemaat yang berkenan di hati Tuhan dan memiliki integritas, loyalitas, dedikasi dan kompetensi  maka diperlukan ketentuan dan syarat-syarat baik  kualitatif  maupun administratif (Peraturan Tentang Pemilihan, Pengangkatan, Pemberhentian dan Pengisian Lowong Perangkat Pelayanan GMIBM Bab  II Pasal 2,3,4).

Dengan demikian,  periodisasi pelayanan maupun ketentuan atau syarat bagi warga jemaat yang mempunyai hak  memilih dan atau dipilih,   bukan untuk membatasi semangat dan peran sidi-sidi jemaat untuk turut  serta dalam pelayanan gereja. Sebab, pada dasarnya seluruh anggota sidi jemaat terpanggil dan  bertanggungjawab untuk melaksanakan tugas panggilan gereja: bersekutu, bersaksi dan melayani.

Saudara-saudara,…

Dengan penuh kasih, sukacita dan rasa syukur kami menyampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan seluruh proses pemilihan yang akan berlangsung di jemaat pada  waktu ke depan ini:

  1. Pandanglah proses pemilihan ini sebagai “pesta iman” di mana Tuhan sendiri yang akan memilih dari antara anggota sidi jemaat orang-orang yang dipanggilNya dan dipilihNya menurut pengenalanNya, seperti perkataan Tuhan Yesus Kristus dalam Yohanes 15:16         “ Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi   Akulah  yang memilih kamu”.

Berdasarkan pemahaman ini maka bagi yang terpilih sesuai ketentuan yang berlaku JANGAN MENOLAK pilihan dan panggilan Tuhan. Sebaliknya, bagi yang belum terpilih atau  tidak dapat  dipilih sesuai ketentuan, mestilah  “berjiwa besar” dan tetap mengimani bahwa selalu ada  rencana Tuhan yang indah  bagi kita. 

Jadi  tidak ada yang  menang atau kalah dalam pemilihan, tetapi yang terjadi ialah pilihan Tuhan sehingga seluruh warga jemaat bergembira dengan hasil pemilihan. Persekutuan jemaat tetap solid, situasi tetap tenang, jemaat hidup rukun dan damai. 

  1. Seluruh sidi jemaat yang tidak sedang dikenai disiplin gereja supaya menggunakan hak dipilih dan atau memilih sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku. Ketaatan pada peraturan akan menjadikan proses pemilihan di GMIBM  bernilai  kesaksian   ditengah masyarakat.
  2. Panitia pemilihan supaya melaksanakan tugas dengan jujur, obyektif, transparan, adil dan konsisten untuk menjamin bahwa seluruh proses pemilihan berlangsung sesuai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan.
  3. Kita berada di era di mana media sosial (MEDSOS) telah menjadi bagian yang inherent dengan aktivifas kita. Untuk tetap menjaga kasih persaudaraan dan saling menjaga perasaan antar sesama saudara selaku satu persekutuan jemaat, maka  kami menyampaikan supaya:
  4. Tidak menggunakan MEDSOS untuk mengajak atau mempengaruhi supaya  memilih seseorang   atau menunjukkan/ mempublikasikan   pilihan kita.
  5. Tidak memposting, memviralkan atau melakukan live streaming baik  proses  pemilihan,  penghitungan suara maupun hasil pemilihan di MEDSOS.
  6. Mari kita gunakan MEDSOS untuk saling memberkati sebagai sesama anggota persekutuan “Tubuh Kristus”.
  7. Bendahara jemaat terpilih  harus menandatangani surat pernyataan akan menggunakan jasa bank dalam pengelolaan keuangan jemaat.
  8. Kepada Majelis Jemaat, Komisi Pelayanan Khusus Dan Pengurus Persekutuan/Rayon BIPRA Periode Pelayanan Tahun  2015   d.   2020,  tetaplah setia dan bersemangat serta menjadi teladan  yang baik  sampai akhir periode. Akhirilah periode ini secara bertanggungjawab sehingga  kita  akan disebut  “hamba”   yang setiawan dan  bertanggungjawab.  

Demikianlah surat penggembalaan ini kami sampaikan. Selamat “berpesta iman” melalui “pesta pemilihan”. Yesus Kristus, Kepala Gereja,  dalam keesaan  dengan  Allah Bapa dan Roh Kudus  selalu beserta kita . Terima Kasih.

File PDF

Posted in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *