PEMILIHAN PEMUDA & PEMUDI TELADAN JPK 2019

PEMILIHAN PEMUDA & PEMUDI TELADAN JPK 2019

sinodegmibm.or.id – Kaum Muda adalah tiang gereja dan juga masa depan gereja. Memang tidak mudah bertahan ditengah gemparan dunia ketika mengandalkan diri sendiri. Oleh karena itu kaum muda butuh figur yang bisa dijadikan panutan guna menjalani hidupnya dengan baik. Rasul Paulus meminta Titus untuk menasehati para kaum muda agar mereka dapat menguasai diri dan terlebih memberikan teladan hidup. Pemuda dalam persekutuan-nya harus menjadi teladan bagi generasi-nya dalam sekolah minggu dan remaja, bahkan pemuda hendaknya terlibat dalam pelayanan dan pembinaan rohani bagi mereka, menjadi teman sekerja Majelis, contohnya menjadi guru sekolah minggu ataupun mengambil bagian pada ibadah-ibadah.

Masa muda bukanlah menjadi suatu penghalang untuk turut serta dalam pelayanan, memikul tanggungjawab untuk melakukan tri tugas panggilan gereja yaitu bersekutu, bersaksi dan melayani. Rasul Paulus mengatakan dalam 1 Timotius 4 : 12 “Janganlah seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”  Atas dasar inilah sehingga Tim Kerja Perayaan Jumat Agung dan Paskah Yesus Kristus Pemuda JPK 2019 melaksanakan Kegiatan Pemilihan Pemuda dan Pemudi Teladan JPK Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Jumat, 19 April 2019 di Bangsal Gereja Jemaat Pusat Kotamobagu.

Kegiatan ini diikuti oleh Pemuda dan Pemudi yang ada di Kolom 1 – 45 dan Rayon 1 – 13 Jemaat Pusat Kotamobagu, yang dimana perutusan tiap Kolom/Rayon Pemuda maksimal 3 Pemuda dan 3 Pemudi. Adapun kegiatan pemilihan ini terdiri dari

  1. Sesi Preliminary Round (Sesi Pendahuluan lewat perkenalan peserta)
  2. Sesi Busana Gereja (Diikuti semua peserta)
  3. Sesi Advokasi Keteladanan (10 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan)
  4. Sesi Baca Mazmur (6 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan)
  5. Sesi Question & Answer (3 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan)

Sesi preliminary round ini, calon pemuda dan pemudi teladan JPK 2019 melakukan perkenalan satu persatu dengan busana santai tapi sopan dengan iringan lagu “Sungguhku Bangga Bapa” oleh Asmirandah. Selanjutnya Calon Pemuda dan Pemudi Teladan memasuki Sesi Busana Gereja dimana mereka menampilkan cara berpakaian ke gereja sambil diiringi lagu “Aku Cinta kepada-Mu” oleh Donnie Sibarani feat Sonya Prischilia. Disesi ini akan dipilih 10 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan. Selanjutnya 10 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan akan mengikuti sesi Advokasi Keteladanan yang dimana disesi ini akan diberikan kesempatan 60 detik kepada 10 besar untuk menyampaikan keteladanan yang mereka miliki. Disesi ini akan dipilih 6 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan. Selanjutnya 6 Besar Pemuda dan Pemudi Teladan akan mengikuti Sesi Baca Mazmur yang dimana tiap peserta akan memilih mazmur yang akan dibaca lewat menyabut gulungan kertas mazmur pada fish bowl yang sudah disiapkan dan disesi ini akan dipilih 3 besar pemuda dan pemudi teladan. Sesi terakhir adalah Question & Answer yang dimana 3 besar pemuda dan pemudi teladan akan menjawab pertanyaan yang sama dari masing-masing dewan juri dalam waktu 60 detik dan berdasarkan jawaban dari mereka akan dipilih siapa yang menjadi juara 1, 2 & 3 Pemuda dan Pemudi Teladan JPK 2019.

Dewan Juri yang bertugas pada Malam Pemilihan Pemuda dan Pemudi Teladan JPK 2019 yang pertama adalah Ibu Pdt. Christina N. Raintama Pangulimang, M.Th selaku Ketua Sinode GMIBM, yang kedua : Bapak Pdt. Fekky W. Kamasaan, S.Th selaku Sekretaris Umum Sinode GMIBM dan yang ketiga : Ibu Diaken Lusyane Maengkom, M.M.Pd selaku Anggota Badan Pekerja Sinode GMIBM.

Adapun hasil Pemilihan Pemuda dan Pemudi Teladan JPK 2019 :

Juara 1 Pemuda Teladan JPK 2019 : Marsel Kevin Pakasi (Pemuda Kolom 37 JPK)

Juara 2 Pemuda Teladan JPK 2019 : Nofel Theodorus Anes Kawuwung, SH (Pemuda Rayon 1 JPK)

Juara 3 Pemuda Teladan JPK 2019 : Joam Nieckens Mokoagow (Pemuda Rayon 1 JPK)


Juara 1 Pemudi Teladan JPK 2019 : Juliana Siska Pandegirot (Pemudi Rayon 2 JPK)

Juara 2 Pemudi Teladan JPK 2019 : Mercy Aprilia Cornelis, A.Md Farm (Pemudi Rayon 2 JPK)

Juara 3 Pemudi Teladan JPK 2019 : Nina Tania Mokoginta (Pemudi Rayon 2 JPK)

Sumber : Wakil Ketua KOMPELSUS Pemuda Jemaat “Pusat” Kotamobagu – Sdra. Andre L. Johannis, SE

Posted in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *