PELATIHAN TEKNOLOGI PANGAN DAN BUDIDAYA BABI UNGGUL

PELATIHAN TEKNOLOGI PANGAN DAN BUDIDAYA BABI UNGGUL

Bekerja sama dengan Gereja Kristus Yesus Jakarta, PGI cq. Oikonomics PGI dan Sinode Am Sulutteng, GMIBM sukses melaksanakan Pelatihan Teknologi Pangan dan Budidaya Babi Unggul selama 3 (tiga) hari, 16-18 Maret 2021 di Jemaat GMIBM ‘Imanuel’ Sinsingon Kec. Passi Timur Kab. Bolaang Mongondow dan Jemaat ‘PNIEL’ Tumobui Kec. Kotamobagu Utara Kota Kotamobagu. Kegiatan ini di support penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kota Kotamobagu. Dalam sambutannya, Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow mendorong bahkan menantang para petani khususnya Petani Sereh di Kab. Bolaang Mongondow untuk benar-benar serius menggeluti komoditas Sereh ini.  Di Sinsingon, setelah sharing tentang penanaman dan pengolahan Sereh di awal kegiatan pada hari pertama, kegiatan ini dilanjutkan dengan Pelatihan Teknologi Pangan seperti: Pembuatan Wyne berbahan baku nenas, Syrup Rosela, abon ikan dan babi, jakulawak, saus tomat dan sambal, beberapa manisan dan lain-lain, dengan nara sumber Bpk. Daniel Indardjo (Pontianak). Dalam waktu yang bersamaan, di Tumobui juga dilaksanakan Pelatihan Budidaya Babi Unggul dengan nara sumber Ayub Timu Nahum (NTT) didampingi oleh  Raymond Tumewu sebagai anggota Tim Oiconomics PGI.

Di Sinsingon acara Pembukaan selain dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow juga hadir: Assisten I Sekda Kab. Bolaang Mongondow, Deker Rompas Ir. Raymon Ratu sebagai Kepada Dinas Pertanian Kab. Bolaang Mongondow, Tonny Toligagu, S. Pt. MAP sebagai Kepala Dinas Perindag dan ESDM Kab. Bolaang Mongondow, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bolaang Mongondow Ofir Ratu, S. Pd. MM, Bendahara Sinode AM Sulutteng Pdt. Fanny Sengke Wurangian, M. Th, Ketua Sinode GMIBM Pdt. Ch. N. Pangulimang, M. Th, Camat Passi Timur, para Sangadi, Peserta Pelatihan serta undangan lainnya. Kegiatan diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Wakil Sekretaris Sinode GMIBM Pdt. M. S. M. Wenno Pelelalu, M. Th. 

Selanjutnya di Tumobui kegiatan yang dihadiri oleh Lurah Tumobui Bpk. Joudy Tumbelaka, SE dan Wakil Ketua Sinode GMIBM Pdt. J. K. Rumondor, S. Th, sekaligus memberikan sambutan, juga diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Sekretaris Sinode GMIBM Pdt. F. W. Kamasaan, S. Th.

Peserta yang terdiri dari Utusan GMIBM, KGPM, GMPU, GMIM, Oikonomics PGI, serta Sinode AM Sulutteng selama kegiatan berlangsung tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid 19 secara ketat, termasuk melakukan Swab Antigen saat tiba di lokasi Pelatihan.

Di akhir kegiatan, Sekretaris Komisi I Pdt. Stenly Kalalo, M. Th, Sekretaris Komisi II Pdt. Jemy Tangkere, M. Th dan Sekretaris Komisi III Pdt. Rolly Raintama, M. Th. yang dipercayakan oleh BPS GMIBM sebagai pelaksana kegiatan ini menyampaikan terima kasih dan pengharagaan yang tinggi kepada:

  1. Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow yang telah hadir dan memberikan sambutan
  2. Assisten I Sekda Bolaang Mongondow yang berkenan hadir dan mensupport kegiatan ini.
  3. Kepada Dinas Pertanian Kab. Bolaang Mongondow Ir. Raymon Ratu; Kepala Dinas Perindag dan ESDM Kab. Bolaang Mongondow Tonny Toligagu, S. Pt. MAP Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bolaang Mongondow Ofir Ratu, S. Pd. MM, yang berkenan hadir.
  4. Tim Oikonomics PGI, Sinode AM Sulutteng; secara khusus Bpk. Elya Muskita.
  5. BPS GMIBM
  6. Para Nara Sumber.
  7. Camat Passi Timur dan seluruh Sangadi Sinsingon bersatu, Lurah Tumobui
  8. BPW Poopo, BPW Tumobui
  9. BPMJ dan seluruh Jemaat GMIBM ‘Imanuel’ Sinsingon dan ‘Pniel’ Tumobui.
  10. Seluruh Peserta Pelatihan dan semua pihak yang menopang kegiatan ini.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi peningkatan ekonomi warga Jemaat!

 

Posted in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *